Gemar Bersedekah | Lomba Da'i | Kultum, Ceramah

Gemar Bersedekah | Lomba Da'i | Kultum, Ceramah

Gemar Bersedekah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحِمَهُ اللَّهُ وَبَرَكَاتُهُ

 الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ارْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ .اما بَعْدُ

Hadirin teman-teman yang dicintai Allah..
Segala puji hanya untuk Allah, yang telah melimpahkan berjuta-juta kenikmatan kepada sekalian hingga kita dapat berkumpul di majlis yang mulia ini. Sholawat beserta salam semoga tercurah kan kepada Nabi Kita Muhammad Saw. Karena beliau pelita bagi kita sekalian, sehingga kita pun dapat merasakan kenikmatan iman dan Islam.
Kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan dan sedikit mengupas tentang keutamaan orang yang Gemar Bersedekh.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَنفِقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيهِ وَلَا خُلَّةٌ وَلَا شَفَٰعَةٌ ۗ وَٱلْكَٰفِرُونَ هُمُ ٱلظَّٰلِمُونَ.

"Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim".

Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan kita agar membelanjakan rezeki nya berjalan ke jalan yang benar yaitu sesuai dengan Allah Saw. Karena harta yang kita miliki merupakan titipan dari Allah. jangan pernah kita berpikir bahwa harta yang kita miliki adalah hasil dari jerih payah kita sendiri. sehingga melalaikan bahwa Allah-lah yang sebenarnya memberikan kepada kita harta tersebut ada pula kita hanya berkewajiban untuk berusaha dan berdoa. 

Dan perlu kita ketahui semua bahwa betapa besar manfaat untuk diri kita ketika kita gemar bersedekah dan Allah memberikan pahala yang sangat besar sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu Wassalam.

اَلسَّحِيُّ قَرِيبٌ مِنَ اللهِ مِنَ الْجَنَّةِ قَرِيبٌ مِنَ النَّاسِ بَعْدٌ مِنَ النَّارِ وَالْبَخِيلُ بَعِيدٌ مِنَ اللّٰهِ بَعِيدٌ مِنَ الْجَنَّةِ بَعِيدٌ مِنَ النَّاسِ قَرِيبٌ مِنَ النَّارِ وَالْجَاهِلٌ سَحِّيٌّ أَحَبُّ اِلَى اللّٰهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ عَالِمٍ مِنْ بَخِيلٍ

"Orang yang dermawan itu dekat dengan Allah dekat dengan manusia dekat dengan surga dan jauh dari neraka sedangkan orang begitu jauh dari Allah jauh dari manusia jauh dari surga dan dekat dengan neraka orang bodoh yang dermawan lebih disukai Allah daripada orang ahli ibadah tapi bakhil. (HR. Tumidzi)".

Untuk itu teman-teman dan hadirin sekalian. Marilah kita berlomba-lomba dalam membelanjakan harta dijalan Allah Saw, agar kita semakin dekat kepada-Nya dan kepada surga-Nya. Apalagi jika "mohon maaf" Kita dianggap orang yang mengerti atau orang berpendidikan yang dipandang dimata masyaraat Allah pasti senang melihatnya dengan orang tersebut bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Bukan hanya itu, Adapula seorang yang dermawan akan banyak saudara orang lainpun senang bergaul dengan kita, dan sebaliknya jika kita berakhir maka kita akan dijauhi bahkan dibenci oleh Allah SWT. bahkan semakin dekat dengan neraka. Na'udzubillah Tsumma Na'udzubillaahi mindzallik.

Namun dalam hal ini perlu diingat bahwa dalam beribadah dan bersedekah semuanya adalah Karena mengharapkan Ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala yang tulus dan ikhlas semata-mata bukan karena yang lain, bukan karena kita terlihat baik di mata manusia ataupun mengharapkan sanjungan dari balasan dari orang lain yang disebut ria.

Dalam Teory Low Of Attractions yakni Hukum tarik menarik, bahwa apapun yang ada dalam fikiran kita menjadi sugesti maka hal yang ada dalam fikiran kita akan hadir, Untuk itu cobalah fikirkan orang lain yang membutuhkan kedermawanan kita dan ketika dipraktikkan dalam bersedekah maka niscaya itu akan membawa efek positif bagi diri kita, orang lain akan merasa dibantu dengan demikian mereka tak sungkan-sungan untuk membantu kita, ini adalah timbal balik, Banyak Sekali keutamaan bersedekah karena sedekah merupakan energi Positif yang kita tanam hal itu akan membuahkan sesuatu dengan nilai lebih pada diri kita.

Kiranya cukup yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini mudah-mudahan membawa manfaat bagi kita sekalian dan semoga Allah ta'ala senantiasa memberi kemudahan bagi kita semua dalam segala urusan dan membawa kemaslahatan

Pergi ke pasar naik Delman
Tidak lupa membeli buah
Orang Dermawan jadi idaman 
Karena dia rajin sedekah.

هَدَانَا اللهُ وَايَّاكُمْ اَجْمَعِين

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحِمَهُ اللَّهُ وَبَرَكَاتُهُ

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Retorikata | Retorika And Rojay Creative Commont | Published By